MPASI Rama 7 Bulan

17.7.2011 – Minggu

Gak kerasa hari ini Rama udah masuk usia 7 bulan, dan kesimpulannya perkenalan MPASI nya berantakan. Mulai berantakan semenjak Rama nyobain makan puree ubi. Tau-tau dia kena diare sampai bisa pup 8x dalam sehari dan mencri. Kejadiannya kira-kira dua minggu yang lalu, dan waktu itu aku langsung panik. Eyangnya bahkan lebih panik lagi dibanding aku dan suami. Yang paling bikin sedih selain Rama terus-terusan pup, pantat nya jadi lecet-lecet gak karuan. Beruntung di kasih obat sama dr. Atilla Dewanti (BWCH) salep Tentalux. Langsung sembuh! Oh ya, dr. Atilla ini sebenernya DSA nya sepupu aku, soalnya DSA nya Rama lagi cuti dan baru balik kerja seminggu kemudian…

Alhamdulillah setelah nyaris seminggu diare dan muntah (2 hari), akhirnya sekarang Rama udah kembali sehat dan ceria. But unfortunately…semua plan dan menu makan Rama kacau balau. Kenapa? Karena dr. Atilla pesen, selama Rama diare gak boleh makan bubur tepung gasol, kabocha dan sayuran-sayuran lainnya dulu 😦 waktu itu Rama hanya dibolehin makan bubur nasi plus  kaldu ayam atau kaldu daging.

Awal-awal perkenalan bubur nasi dan kaldu, Rama lumayan antusias. Tapi karena sakit dan gak mau minum sufor, terpaksalah sehari 3x Rama makan makanan padat. Dan karena alasan inilah Rama jadi bosan sama menu bubur nasi plus kaldu nya. Alhasil setelah seminggu makan itu-itu terus dicoba deh dikenalin sama buah pisang Ambon. Ternyata dia doyan banget makan pisang, dan mau makan banyak. Setelah tiga hari, dicoba lagi ditambah buah lain. Kesimpulannya, di MPASI Rama usia 6 bulan kemarin Rama udah nyobain:

Serealia: Bubur Gasol beras coklat, bubur Gasol beras merah wangi, beras putih

Sayur: kabocha, baby buncis, Gasol kacang hijau, Gasol Jagung

Buah: Rock melon, Apel Washington, Pisang Ambon, Gasol Pisang

Kaldu: ayam kampung, ayam dan ampela

Yang aku kasih bold itu yang paling di suka sama Rama ya… J

Yah…meski gagal, selanjutnya harus lebih baik. Biar Rama bisa dapet banyak nutrisi dan bisa ngerasain berbagai jenis makanan. Sedikit pengakuan dosa…waktu Sabtu kemarin pas jalan-jalan ke rumah mertua, Rama aku beliin puree buah Apricot + Pear yang udah jadi merek Heinz *maaf sebut merek*. Ternyata enak, dan….mungkin ada gulanya 😦 mudah-mudahan sih gak ada ya… *berdoa dalam hati*

Karena dia keliatan suka, rencananya menu MPASI Rama 7 bulan nanti will include additions such as..

Sayur: kentang, butternut squash, jagung,

Protein: tempe, tahu, daging ayam kampung

Buah: jeruk baby, pear, apricot

Yah…mudah-mudahan kali ini semuanya lancar dan gak ada masalah pencernaan lagi. Semangat ya buat para moms yang mungkin juga lagi ngalamin hal yang sama 🙂