Seharian Bareng Rama

Sabtu kemarin akhirnya jadi juga pindah DSA (Dokter Spesialis Anak). Beruntung waktu lagi cari-cari dsa yang pas dapet referensi dari temen untuk coba dokter anaknya dia, namanya dr. Sander. Beliau praktek di Brawijaya Women & Children Hospital (BWCH) dan klinik dr. Azen Salim & Associates. Sebenernya rumah nyokap lebih deket ke BWCH, tapi karena denger dari saudara biaya periksa di situ lebih mahal jadinya coba-coba ke klinik dr. Azen yang letaknya di Jl. Sekolah Duta 5 no. 64, Pondok Indah. Dulu waktu Rama masih di kandungan sempet dateng ke tempat ini, ketemu sama dr. Azen-nya, mau cek USG 4D. Karena udah tahu tempatnya dan emang cocok sama pelayanan di situ, jadinya aku dan mas langsung setuju untuk nyoba ketemu dr. Sander.

Sama seperti di RS tempat dsa-nya Rama yang pertama, sebelum datang ke klinik kita diharuskan menelepon untuk bikin janji. Nantinya sehari sebelum akan dikonfirmasi ulang kedatangan melalui SMS. Nah…fasilitas yang ini gak ada di RS sebelumnya. Jadi inget masa-masa di Sam Marie dulu (waktu Rama di kandungan dari awal sampai detik-detik sebelum kelahiran check-up nya di sini :)), rasanya jadi lebih tenang kalau pasien di hubungi sebelum waktunya, gak perlu was-was takut dokternya batal dateng.

Emang gak salah pilih. Begitu kita sampe di klinik, pasien yang dateng gak banyak (kita orang kedua hari itu). Jadinya hanya nunggu sekitar 15 menit tiba-tiba udah gilirannya Rama diperiksa. Ruang praktek dsa-nya ada di lantai dua. Begitu masuk ruang prakteknya dr. Sander, Rama keliatan excited. Susternya langsung sigap mengambil alih. Rama diangkat dan digendong untuk ditimbang. Naik 600 gram, jadi 7,25 kg. Sementara panjang badannya nambah 1 cm, jadi 62cm dan lingkar kepalanya 41 cm. Khusus untuk yang terakhir, Rama baru pertama kali diperiksa *gila yaa…udah mau 5 bulan lhoo* agak kecewa pas dibilangin sama dsa nya bahwa ukuran kepala itu harus diperiksa setiap bulannya, untuk tahu pertumbuhan otaknya normal atau gak. Kecewa karena kenapa dsa yang sebelumnya gak pernah periksa…Hari itu Rama juga dikasih pemeriksaan yang lebih menyeluruh, such as…diperiksa kupingnya, hidungnya, tenggorokannya, bahkan alat kelaminnya Rama juga diperiksa. Waktu aku tanya kenapa di periksa, rupanya mau di cek apakah ujung alat kelaminnya tertutup atau terbuka. Dan karena emang sudah terbuka kian, jadi gak perlu di sunat premature deh hehehe 😀

Selain itu belakangan ini di kedua pipi Rama ada noda putih, kayak panu. Memang sudah pernah ditanyakan ke dsa yang pertama melalui telepon, tapi karena belum pernah di periksa langsung jadinya masih tebak-tebakan. Sewaktu ditanyain ke dr. Sander, beliau bilang itu efek dari alerginya Rama. Beliau juga dengan lugas menerangkan, bedanya vitiligo, jamur dan alergi. Untuk vitiligo, karena ukuran dan bentuknya tidak berpola jadi sudah dipastikan bukan. Sementara untuk jamur, beliau bilang jamur itu teksturnya bisa lebih kasar dan kalau di sentuh akan menyebar. Jadi positif sudah putih-putih di pipi Rama efek dari alerginya 😦 *langsung peluk Rama* kasian kamu nak…

Hari itu, mamanya Rama dapet pelajaran tambahan selain tentang vitiligo tadi, diantaranya: ukuran kepala harus nambah 1cm/bulan, berat badan bertambah 600 – 800 gram/bulan, dan panjang badan bertambah 2 cm/bulan. Karena beratnya Rama udah nambah, otomatis kebutuhan hariannya juga bertambah. Mungkin sebelumnya udah pernah di-share, tapi biar gak ribet liatnya sekali lagi deh…dari yang pernah aku baca di salah satu situs kesehatan anak, volume lambung bayi itu 30 ml/kg berat badan dan durasi minumnya kira-kira setiap 2 jam sekali (8 kali minum dalam sehari). Tapi karena dalam sekali minum anak hanya bisa masuk 1/3  s/d ½ dari volume lambung, jadi kalau sekarang Rama 7,25kg dalam sehari kebutuhan ASI/Sufornya Rama sekitar 870ml/hari.

Meanwhile…perkembangan Rama di usia 5 bulan ini *kurang 2 hari lagi hehehe :p*

  • Mulai bisa crawling dikit-dikit
  • Masukin mainan/jari/barang apapun ke dalam mulut
  • Mulai nunjukin ketertarikan pada adult food *ooo…harus buru-buru belanja keperluan MPASI/MPASU*
  • Bisa pegang jari kaki
  • Tertarik sama barang/mainan yg berwarna terang dan berbunyi *angry bird doll jadi sasaran empuk*

Aah…gak kerasa nak, kamu sekarang udah mau 5 bulan, habis itu 6. Seumpama kamu AsiX bentar lagi jadi S1 deh hihihihi :p tapi biar gak juga mama tetep bangga sama Rama dan sama mama juga. Karena meski gak banyak ASInya, alhamdulillah masih bisa kasih Rama ASI. Rama juga hebat, meski Sufor lebih banyak dan lebih deres…tapi kalau ada mama dan ada stok ASIP lebih pilih minum ASI. Horeee!!! Mudah-mudahan mama bisa terus kasih Rama ASI sampai nanti usia 2 tahun yaa…amiiinn!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s