Rambut Mulai Rontok? Karena Anak Main Ludah Tuh…

Alis langsung naek begitu ada yang bilang kayak gitu. Ini pengalaman pribadi lho…salah satu tante suamiku bilang, begitu anak mulai suka maen ludah otomatis rambut pasti pada rontok. Oke…baru denger. Tadinya sempet mengira si tante bersugesti. Tapi kok tahu-tahu pas Rama mulai makin sering drooling rambut aku juga jadi makin banyak yang rontok. Bahkan saking banyaknya sampai ngerasa lama-lama bisa botak *ketok-ketok meja, amit-amit jangan sampe kejadian*

Keselnya lagi pas ketahuan jadinya si tante makin meyakini konsep rambut rontok disebabkan oleh anak yang suka main ludah. Duh…gak bisa dibiarin nih. So, karena aku penasaran dijabanin lah acara ubek-ubek internet di sela waktu kosong. Meski ada beberapa artikel soal rambut rontok di masa menyusui, tapi kayaknya yang paling detil yang di situsnya kellymom. Aku coba translate dan ringkas sebisanya ya…

Jadi sebenarnya rambut kita itu punya dua fase, growth dan resting. Pada umumnya rambut kita berada di fase growth (pertumbuhan) normal, akan tetapi diwaktu kita sedang hamil faktor hormonal banyak mempengaruhi perubahan di tubuh sang Ibu. Dalam hal ini hormon menyebabkan pertumbuhan rambut yang jauh lebih cepat. Jadi terkadang sang Ibu mempunyai rambut yang lebih tebal dibandingkan biasanya. Tapi kondisi ini hanya sementara. Karena setelah tumbuh, rambut tersebut masuk ke fase resting yang disusul dengan shedding (perontokan) dan regrowth (tumbuh kembali).

Nah…masa perontokan ini sebenarnya sudah dimulai semenjak bayi kita lahir. Akan tetapi saat dimana rambut kita lebih banyak rontok biasanya dimulai pada saat bayi berusia 1-6 bulan dengan rata-rata mengalami diusia anak 3 bulan. Pada usia 3 bulan inilah *kalau kita perhatiin bener-bener* masa dimana si anak mulai sering main ludah. Dan pada saat ini juga bila kita memiliki rambut yang lebih tebal di masa kehamilan, atau rambut yang panjang maka akan mengalami kerontokan yang paling parah.

Fase ini seharusnya akan kembali normal ketika sang anak berusia 12 bulan. Jadi jika moms ada yang ngerasa masih juga ngalamin kerontokan dahsyat padahal sang anak sudah berusia lebih dari 12 bulan, sebaiknya diperiksakan saja.

Berdasarkan situs kellymom dan parentsdotcom, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerontokan. Diantaranya:

  • Mencoba potongan rambut yang berbeda. Kalau rambutnya panjang sebaiknya di potong lebih pendek. Jangan takut berkreasi. Gak perlu harus pakai rambut model bob yang monoton. Ajak stylist untuk brain storming. Pasti nemu ide untuk mengakali model rambut pendek.
  • Jangan lupa gunakan conditioner atau leavein setelah mencuci rambut.
  • Ganti kebiasaan membelah rambut. Jika biasa dibelah ke arah samping kanan, coba arah sebaliknya.
  • Gunakan ornamen rambut. Kayaknya yang satu ini perlu deh. Beli headband di mana ya yang bagus…??

Well…sekarang kan sudah jelas kenapa rambut new mom cenderung rontok di usia anak 3-6 bulan. Jadi gak perlu lagi deh percaya sama mitos-mitos orang jaman dulu. Tapi sebenernya kalau dipikir-pikir orang jaman dulu lumayan obserfativ ya. Buktinya mereka tahu kalau di usia segitu rambut ibunya pasti rontok. Cuman yang masih kurang dipahami sama mereka yaitu tadi…penjelasan secara ilmiahnya.

Sekarang daripada ngakalin anak untuk berhenti drooling mending mulai baca-baca tentang teething. Karena dari yang pernah aku baca, salah satu ciri anak yang mau teething itu anak cenderung sering ngiler. Mungkin nanti dibahas berikutnya aja ya. J

Advertisements

15 thoughts on “Rambut Mulai Rontok? Karena Anak Main Ludah Tuh…

  1. syukurlah…ada alasan logisnya,….terimakasiih telah berbbagi informasi,..walaupun hanya bisa saya simpan,..krn orang tua dulu di tempat saya beranggapan ibu muda jaman sekarang sok tahu..padahal kita berupaya untuk memberikan alasan yang memng sudah terbukti secara ilmiah..

  2. hi mba lia, maaf ya baru sempet di buka sekarang comment nya.. iya, alhamdulillah ternyata bukan karena si kecil yang main ludah hihihi. iya, sama kok…aku juga ngalamin yang kayak gitu. ok de, semoga membantu ya info nya 🙂

  3. Makasih banget buat penjelasannya, aduh…
    Sempat sstrez gila nee sama kerontokan rambut saya…

    Takut banget malah sampek botak.

  4. aku frustasii nihh mba. pdahal kramas nya 2 hari sekali. rambut juga udh aku ptong pendek. skg rambutku tippis bgt.

  5. Alhmdllh makasih y mba infox… smpe takut rambutku nnti habis smwa… smpe ptong pndek, ganti shampoo, pke ini itu lah macm2 yg natural tetap aja rontokx gak brnti… moga cpt tumbh kmbli rmbtku hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s